Susunan Pengurus 2017-2020

Musyawarah Nasional (Munas) ke-12 Unio Indonesia, paguyuban imam-imam diosesan atau projo (Pr), yang dilakukan di Palembang memilih Pastor RD. Paolus Christian Siswantoko sebagai ketua Unio Indonesia periode 2017-2020, menggantikan Pastor RD. Siprianus Hormat dari Keuskupan Ruteng.

Uskup Emeritus Keuskupan Ketapang Mgr Blasius Pujaraharja melantik Pastor Siswantoko bersama badan pengurusnya dalam Misa di Paroki St. Yoseph Palembang tanggal 6 Mei 2017. Presiden Internasional dari Apostolic Union of the Clergy (UAC) Mgr Giuseppe Magrin dari Roma, 100-150 Imam, umat keuskupan, serta para frater dan suster dari Keuskupan Agung Palembang, serta berbagai undangan memenuhi gereja itu. Pemilihan pengurus itu sudah dilakukan tanggal 5 Mei 2017.

Injil Minggu XXV/A 24 Sept2017 (Mat 20:1-16)

Rekan-rekan,
Pengisi rubrik ini meminta saya berbicara mengenai perumpamaan dalam Mat 20:1-16 yang dibacakan pada hari Minggu XXV tahun A ini. Ceritanya tentu sudah anda kenal. Pagi-pagi benar seorang pemilik kebun anggur menawarkan pekerjaan dengan upah sedinar sehari. Upah sedinar memang lazim bagi pekerja harian waktu itu.

Injil Minggu XXIII/A 10 Sept 2017 (Mat 18:15-20)

Rekan-rekan yang budiman!
Disebutkan dalam Mat 18:15-20 (Injil Minggu Biasa XXIII tahun A) bila seorang saudara didapati berbuat dosa, hendaknya ia diberi tahu mengenai kesalahannya secara perorangan terlebih dahulu. Jika tidak ada hasilnya, sebaiknya ia dinasihati di hadapan saksi. Kalau tetap tidak peduli, barulah perlu ia dibawa ke sidang umat. Wartanya lebih dari pada sekadar mengajarkan cara-cara menegur kesalahan atau berprihatin mengenai orang lain.

Injil Minggu ke-22 tahun A 3 Sept 2017 (Mat 16:21-27)

Rekan-rekan peminat ruang Alkitab!

Injil Minggu Biasa ker-22 tahun A ini (Mat 16:21-27) berbeda nadanya dengan petikan yang dibacakan Minggu sebelumnya (Mat 16:13-20). Kali ini Yesus menyampaikan pemberitahuan yang pertama mengenai penderitaan, kematian, dan kebangkitannya. Ini agak aneh. Kan baru saja (Mat 16:16 - Injil Minggu lalu) Petrus menyatakannya sebagai "Mesias, anak Allah yang hidup". Tentunya Yesus ini tokoh yang luar biasa. Kini kok Yesus mulai bicara tentang penderitaan dan kematian segala. Tentu saja Petrus tak habis mengerti.

Injil Minggu Biasa XXI tahun A, 27 Agt 2017 (Mat 16:13-20)

MESIAS, BATU KARANG, DAN KUNCI KERAJAAN SURGA

Hingga kini ketiga Injil Sinoptik (Matius, Markus, dan Lukas) memperkenalkan Yesus terutama lewat ajarannya, tindakan-tindakannya menyembuhkan orang sakit, termasuk mengeluarkan roh jahat, dan peristiwa perbanyakan roti. Orang mulai bertanya-tanya, siapa sebenarnya dia itu dan bagaimana ia mampu mengerjakan semua itu. Semakin disadari bahwa dia lain dari orang-orang luar biasa lainnya. Siapakah dia sesungguhnya? Dalam Mat 16:13-20 (Injil hari Minggu Biasa XXI tahun A), Petrus menyuarakan kesadaran para murid bahwa Yesus itu Mesias, anak Allah yang hidup.

Halaman

Subscribe to Unio Indonesia RSS