Injil hari Minggu Paskah ke-II/A tgl. 23 Apr 2017 (Yoh 20:19-31 dan Kis 2:42-47)

“DAMAI SEJAHTERA BAGI KAMU!”
Rekan-rekan yang baik!
Dalam Injil Yohanes kebangkitan diwartakan guna menjelaskan mengapa Yesus yang baru saja dimakamkan itu tidak lagi diketemukan lagi di makam dan bagaimana para murid tidak lagi merasa kehilangan dia. Bahkan kini mereka merasakan kehadirannya. Agak ada miripnya dengan ingatan mengenai orang-orang yang sudah mendahului tetapi tetap menjadi bagian hidup kita. Tetapi besar bedanya. Bagi para murid, menimang-nimang ingatan akan dia yang pernah berada bersama mereka di dunia bukan hal yang terpenting.

INJIL PASKAH 16 April 2017

TUHAN TELAH BANGKIT!
Rekan-rekan yang budimam!
Bacaan-bacaan Injil dalam perayaan Sabtu Malam Paskah dan hari Minggu Paskah menyampaikan warta tentang kebangkitan Yesus. Tapi bagaimana kebangkitan itu terjadi, dengan cara apa, kapan persisnya, serta apa gelagatnya tidak disampaikan sebagai laporan pandangan mata. Peristiwa kebangkitan itu tetap tersembunyi, walau dapat diikuti jejak-jejaknya dan dapat dilacak dan didekati. Juga kesetiaan orang untuk mencari dia yang tadinya wafat dan dimakamkan itu besar peranannya.

JUMAT AGUNG 14 April 2017

JUMAT AGUNG: “SUDAH TERLAKSANA!”

Rekan-rekan yang budiman!
Barusan saya kembali membicarakan beberapa perkara tafsir dengan Oom Hans. Ia tak keberatan surat-menyurat kami diteruskan kepada para peminat lain. Ada pembicaraan tambahan mengenai Yoh 13:1 mengasihi “sampai pada kesudahannya” (eis telos) dan Yoh 19:30 “sudah selesai” (tetelestai). Juga ada uraian tambahan tentang Yes 52:13-53:12 yang juga dibacakan pada liturgi Jumat Agung.
Salam,
A. Gianto
______________

KAMIS PUTIH 13 Apr 2017

KAMIS PUTIH -- PEMBASUHAN KAKI

Hanya dalam Injil Yohanes sajalah didapati kisah pembasuhan kaki para murid (Yoh 13:1-15). Peristiwa ini ditampilkan kembali dalam liturgi sabda Pesta Perjamuan Tuhan pada hari Kamis Putih. Memang lazim orang membasuh kaki sendiri dulu sebelum masuk ke ruang perjamuan sebagai ungkapan datang dengan bersih. Hanya tamu yang amat dihormati sajalah, misalnya seorang guru atau orang yang dituakan, akan dibasuh kakinya.

Halaman

Subscribe to Unio Indonesia RSS