Bacaan Injil hari Jumat Agung tgl. 18 Apr 2014

Rekan-Rekan sekalian!
Barusan saya bertanya mengenai beberapa perkara tafsir dengan Oom Hans. Ia tak keberatan korespondensi kami ikut dibaca para peminat ruang ini. Ada pembicaraan menyangkut hubungan antara Yoh 13:1 yakni perihal mengasihi “sampai pada kesudahannya” (eis telos) dengan Yoh 19:30 “sudah selesai” (tetelestai). Juga ada sedikit ulasan tentang Yes 52:13-53:12 yang ikut dibacakan dalam liturgi Jumat Agung.

Bacaan Injil hari Kamis Putih tgl. 17 Apr 2014

Rekan-rekan!
Hanya dalam Injil Yohanes sajalah dijumpai kisah pembasuhan kaki para murid (Yoh 13:1-15) yang dibacakan pada Pesta Perjamuan Tuhan pada hari Kamis Putih. Memang lazim orang membasuh kaki sendiri sebelum masuk ke ruang perjamuan sebagai ungkapan datang dengan bersih. Dan hanya tamu yang amat dihormati saja, misalnya seorang guru atau orang yang dituakan, akan dibasuh kakinya.

Pesan Paus Fransiskus pada Hari Doa Sedunia untuk Panggilan ke-51

Saudara-saudari yang terkasih,
1. Injil mengatakan bahwa “Yesus berkeliling ke semua kota dan desa….. Ketika melihat orang banyak itu, tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka lelah dan terlantar seperti domba yang tidak bergembala. Maka kata-Nya kepada murid-murid-Nya: ‘Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu.’" (Mat.9:35-38).

GERAKAN AKSI PUASA PEMBANGUNAN NASIONAL 2014

BELAJAR SEPANJANG HIDUP
Pengantar: Belajar Melalui Kerja

Makna dan nilai kerja manusia sebagai penyingkapan dan pengungkapan nilai-nilai hidup membawa kita pada penghormatan dan penghargaan akan kerja; apapun wujud dan bentuk pekerjaan itu. Dengan Gerakan APP 2013 kita semakin memahami bahwa orang-orang Kristen dipanggil untuk bekerja tidak saja agar menyediakan rezeki bagi diri mereka sendiri, tetapi juga dipanggil untuk menerima sesamanya yang lebih miskin, kepada siapa Tuhan telah memerintahkan mereka untuk memberi makan, minum, pakaian, tumpangan, kepedulian serta kemitraan (bdk. Mat 25:35- 36).

Tags: 

SURAT GEMBALA KWI MENYAMBUT PEMILU LEGISLATIF 2014

“JADILAH PEMILIH YANG CERDAS DENGAN BERPEGANG PADA HATI NURANI”.

Saudara-saudari, segenap umat Katolik Indonesia yang terkasih,

Bangsa kita sedang bersiap diri menyambut Pemilu legislatif untuk memilih DPR, DPD dan DPRD yang akan diselenggarakan tanggal 9 April 2014. Sebagai negara yang menganut sistem demokrasi, Pemilu menjadi peristiwa penting dan strategis karena merupakan kesempatan memilih calon legislatif dan perwakilan daerah yang akan menjadi wakil rakyat.

Hak dan Panggilan Ikut Serta Pemilu

Kursus Spiritulitas Imam Diosesan 2014

Di Girisonta untuk kedua kali Unio Indonesia mengadakan kursus spiritualitas imam diosesan dari 24 Januari sd 31 Januari 2014 di Pusat Spiritualitas Girisonta. Bersama dengan para nara sumber P. S. Zanhweh SJ dan Mgr Blasius Pujaraharja serta Rm Kristiyanto dan Bapak Vincent para peserta yang berjumlah 26 imam diosesan mereka mengelaborasi dan mengeksplorasi hidup panggilan imam sebagai imam diosesan.

Tags: 

Doa untuk Munas XI Unio Indonesia di Ambon

Doa untuk Munas XI Unio Indonesia di Ambon

Allah sumber segala berkat,
Kami bersyukur dan memuliakan Dikau,
Karena Engkau memanggil umat manusia
menuju keselamatan di dalam Dikau
dan dengan sesama, dalam diri Yesus PuteraMu, Tuhan kami.
Juga, karena Engkau memanggil dan menemani para imam diosesan,
yang membaktikan dirinya, membangun kerajaanMu di setiap keuskupan.

Tags: 

Umat Keuskupan Amboina Siap Jadi Tuan Rumah Munas XI Unio Indonesia 2014

Kesiapan dan kesediaan Umat Katolik Keuskupan Amboina menjadi tuan rumah penyelenggaraan Musyawarah Nasional (Munas) XI Unio Indonesia disampaikan langsung oleh Sang Gembala Keuskupan Amboina Mgr P.C. Mandagi MSC dalam kesempatan Misa Hari Minggu Biasa XXI di Gereja St Fransiskus Xaverius Katedral Ambon, Minggu (26/8/2012).

Tags: