Bacaan Injil hari Minggu Biasa ke-XXIII/B tgl. 6 Sep 2015 (Mrk 7:31-37)

EFATA! - TERBUKALAH!
Rekan-rekan yang budiman!
Kali ini Injil Markus menampilkan kisah unik: penyembuhan orang tuli. Hanya dalam Injil Markus sajalah peristiwa ini disampaikan. Dalam petikan Mrk 7:31-37 (hari Minggu Biasa XXIII tahun B) ada beberapa hal menarik yang kurang begitu saya mengerti. Karena kuirang ada waktu untuk mempelajari lebih jauh, saya bujuk Mark menulis. Ia biasanya pendiam dan tak banyak kata, tapi kali ini ia rada suka cerita dan ia tidak keberatan jawabannya saya teruskan kepada kalian.
Teriring salam,
A. Gianto.
====================
Gus yang baik!

Bacaan Injil hari Minggu ke-XXI/B tgl. 23 Agustus 2015 (Yoh 6:60-69)

Rekan-rekan,
Dari bacaan Yoh 6:60-69 dapat disimpulkan bagaimana para murid yang paling dekat pun bisa mengalami kesulitan memahami perkataan Yesus mengenai dirinya sendiri sebagai roti kehidupan yang turun dari surga. Lebih sukar lagi mengerti penjelasan Yesus dalam Yoh 6:65 bahwa tak ada seorang pun dapat datang kepadanya bila Bapa tidak mengaruniakannya.

Bacaan Injil hari Minggu tgl. 16 Agt 2015 - Maria diangkat ke surga

Empat pokok mengenai Maria dinyatakan sebagai ajaran iman. Dua dari itu sudah berasal dari zaman para Bapa Gereja, yakni (1) Maria tetap Perawan, (2) Maria mengandung dan melahirkan Tuhan Yesus "Maria Theotokos", dan dua lainnya ditegaskan pada abad 19 dan 20 meskipun sudah dirayakan sejak berabad-abad sebelumnya, yaitu: (3) Maria dikandung tanpa noda dosa asal (dinyatakan sebagai ajaran iman tahun 1854) dan (4) Maria diangkat ke surga jiwa dan badan. Yang terakhir ini baru resmi dinyatakan sebagai bagian ajaran iman Gereja Katolik pada tahun 1950 meski sudah dirayakan di pelbagai tempat sejak abad ke-4.

Bacaan Injil Minggu Biasa ke-XVIII B tgl. 2 Agt 2015 (Yoh 6:1-15)

Pada awal Injil Minggu Biasa XVIII tahun B, Yoh 6:24-35, disebutkan bagaimana orang banyak yang telah mendapatkan makan dari Yesus (lihat Injil Minggu sebelum ini, Yoh 6:1-15) mencarinya di Kapernaum. Mereka menemukan dia di pantai seberang. Seperti dikisahkan pada akhir Injil Minggu lalu, mereka adalah orang-orang yang ingin menjadikannya raja, tetapi Yesus menyingkir dari mereka.

Bacaan Injil hari Minggu Biasa ke-XVI/B tgl. 19 Jul 2015 (Mrk 6:30-34)

Rekan-rekan yang baik!
Kedua belas murid yang diutus dua berdua ke pelbagai tempat untuk menyiapkan kedatangan Yesus kini kembali berkumpul dengan dia. Injil jelas-jelas menyebut mereka “rasul”, artinya orang yang diutus. Dalam pengutusan itu mereka dibekali kuasa atas roh jahat sehingga orang-orang yang mereka datangi dapat mulai mengenal siapa yang mengutus.

Spiritualitas Dialog

Pada tahun 1999 s/d 2004 di Maluku terjadi sebuah tragedi kemanusiaan yang mengerikan. Memang ada banyak penyebab dari targedi kemanusiaan ini. Namun salah satu penyebab yang sangat jelas ialah konflik antar-umat beragama, yakni antara umat Kristen Protestan dan umat Muslim. Konflik ini diwarnai dengan saling balas dendam, saling mengancam, saling benci, saling menyerang, bahkan saling membunuh. Agama yang sebenarnya merupakan sumber perdamaian telah digunakan sebagai pemicu konflik dan kekerasan. Karena itu benarlah apa yang dikatakan oleh Dr.

Tags: 

Halaman